HABAR KON BMR

SELAMAT DATANG di Berita Online HABAR KON BMR Kami Lihat,Kami Dengar,Kami Beritakan

Kamis, 14 September 2017

KEBERHASILAN DAN KEHEBATAN SATGAS TINOMBALA DALAM MENGAMANKAN 9 PUCUK SENJATA RAKITAN DAN MUNISI


Habar Kon BMR, POSO- Satgas Ops Tinombala TNI kembali amankan 9 pucuk senjata api rakitan laras panjang (senapan) 6 pucuk dan laras pendek (pistol) 3 pucuk serta munisi 83 butir terdiri dari 68 butir munisi SS 1  dan 15 butir munisi pistol yang diduga bekas konflik horisontal tahun 2002 sampai tahun 2008 silam.  Dari tangan masyarakat , senjata-senjata tersebut didapatkan berdasarkan informasi  diperoleh dari Satgas Intel yang tergabung dalam Satgas Tinombala.

Dansatgas, diwakili Kasiter Tinombala Mayor Inf Ratno dalam penyerahan ini mengatakan bahwa keberhasilan personel Satgas Tinombala dengan melakukan pendekatan secara persuasif kekeluargaan, sehingga warga pemilik senjata tersebut akhirnya mau menyerahkan secara suka rela kepada Satgas tinombala , ujar Mayor Ratno. Bertempat di Mapolres Poso Kamis ( 14/9).



Oleh karena itu, Satgas Tinombala bekerja sama dengan satuan Teritorial di wilayah sebagai ujung tombak di daerah untuk bersinergi bahu membahu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya kepemilikan senjata, menguasai senjata secara ilegal karena melanggar hukum ( UU darurat tahun 2014. No 14) dengan mengajak mereka segenap lapisan masyarakat      untuk menciptakan situasi kota Poso yang aman, damai dan kondusif.

 “Perlu diketahui bahwa senjata itu merupakan sisa-sisa pasca konflik beberapa tahun lalu dari pemilik/warga masa itu masih tersimpan karena untuk dipakai berburu dan memberantas hama hewan liar  kerap merusak, seperti babi atau monyet dari hutan yang mengganggu kebun pertaniannya”, Ungkap warga.

Prajurit Satgas Tinombala di sisi, selain mengejar DPO MIT juga melakukan berbagai upaya pendekatan dengan membantu warga yang ada tepat di sektor penugasan dengan melalui program Binter, Komsos, Karya bahkti  dan silaturrahim sosialisasi  pos kamling.  Disinilah warga diberi pemahaman tentang bahaya senpi dan aturan hukum dan pelanggaran kepemilikan senpi.



Selanjutnya senjata sebanyak 9 pucuk dan munisi tersebut dari satgas tinombala diserahkan kepihak yang berwajib (polri)  polres poso  untuk segera di data kemudian keperluan penyelidikan dan selanjutnya dimusnahkan .

Turut hadir Kaops Kombes Pol. M. Badrus, Dansektor AKBP Tedy, Kasiter Tinombala Mayor Inf Ratno,  Papen Mayor Inf Edi, Pasi Intel Lettu Inf M. Slamet serta Staf Tinombala TNI/Polri.
Posting Komentar