HABAR KON BMR

SELAMAT DATANG di Berita Online HABAR KON BMR Kami Lihat,Kami Dengar,Kami Beritakan

Kamis, 07 September 2017

KEPERCAYAAN MISTIK PASUKAN TNI SAAT MELAKSANAKAN TUGAS,MEMBIKIN BULU KUDU MERINDING


Habar Kon BMR - Dalam setiap perjalanan tugas yang di emban oleh seorang  prajurit TNI baik dalam kondisi perang maupun non perang, kepercayaan pada dunia mistik masih banyak mempengaruhi aktivitas kegiatannya. 

Misi tempur yang dilakukan TNI di Timor-Timur (Timor Leste, 1975)serta para prajurit dari Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang sedang bertempur melawan mantan bekas pasukan khusus Portugis (Tropas) dilarang mengambil barang milik musuh yang sudah gugur.

Tapi senjata yang ditinggalkan musuh tetap diambil dan diamankan agar tidak jatuh ke tangan musuh lagi,dan ada kepercayaan dan anggapan tertentu, jika nekat mengambil barang-barang berharga milik musuh yang berupa barang berharga,konon prajurit bersangkutan kemungkinan tertembak juga nantinya.

Sebenarnya prinsip mengambil barang milik musuh yang sudah tidak berdaya ini juga terjadi di era Perang Kemerdekaan RI (1948).

Namun karena di zaman itu para pasukan RI masih banyak mengalami kekurangan, barang-barang milik musuh pun, seperti baju, celana, dan sepatu, terpaksa diambil.

Meskipun ketika dipakai oleh para gerilyawan RI malah tampak lucu dan kedodoran. Di zaman merdeka seperti sekarang ini kepercayaan mistik yang beredar kalangan prajurit TNI tetap ada.

Misalnya setiap pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) baru selalu dilakukan acara memecah kendi berisi air dan bunga tujuh rupa. Tujuannya agar semua alutsista yang dioperasikan selalu dalam kondisi “aman dan selamat”.

Di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, yang merupakan sarangnya skadron-skadron jet tempur TNI AU, setiap tahun juga diadakan upacara ritual tertentu agar semua operasional lanud Iswahyudi berjalan lancar dan aman.

Menurut Marsda TNI Joko Poerwoko yang pernah menjabat Lanud Iswayudi (2002), Lanud pernah mengalami musibah dua jet tempur jatuh sekaligus karena bersenggolan di udara.


Tak lama kemudian setelah musibah dua jet tempur jatuh itu datang “orang pintar”. Dia memberi tahu jika musibah jatuhnya kedua jet tempur itu dikarenakan Lanud Iswahyudi belum mengadakan ritual slametan.

Demi mencegah musibah terulang meskipun secara rasional sulit dipercaya, acara slametan itu tiap tahun tetap dilaksanakan.

Dalam setiap operasi untuk melakukan misi SAR di medan sulit seperti gunung, hutan, dan lautan, personel TNI juga selalu menemui juru kunci atau sesepuh setempat agar terhindar dari kendala yang bersifat supranatural.

Hal berbeda dikisahkan pilot helikopter TNI AU berpangkat Mayor Penerbang yang tak mau disebut namanya.

Ketika akan melakukan operasi SAR korban kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 di kawasan Gunung Salak (Mei 2012), Bogor, Jawa Barat, ia mengaku sempat menemui juru kunci.

Sekitar 30 menit setelah ia pamit meninggalkan juru kunci untuk terbang melakukan operasi pencarian, hal aneh pun terjadi.

Ia mengaku, saat terbang di atas lokasi lokasi jatuhnya pesawat, dirinya bisa melihat kondisi daratan sangat jelas.

Tampak sang juru kunci sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat sambil menunggui personel TNI yang sedang mengevakuasi korban.

Tidak ada komentar: